Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi siswa
dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning
(CTL) berbantu media Flashcard di kelas X SMK IRA Medan tahun
pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK IRA Medan yang beralamat Jl. Pertiwi
No.111/53-B, Medan, Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang siswa, dan
objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi
siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning
(CTL) berbantu media Flashcard. Dalam pengumpulan data, teknik yang
digunakan adalah melalui test hasil belajar akuntansi, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 53,33% (16
siswa) memenuhi ketuntasan nilai rata-rata 70,5, akan tetapi belum mencapai
indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus
II. Hasil yang diperoleh di siklus II yaitu 83,33% (25 siswa) memenuhi ketuntasan
dengan nilai rata-rata 82,67 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan
dan telah memenuhi kriteria KKM ≥75. Sehingga penelitian berhenti di siklus II.
Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan
antara siklus I dan siklus II dimana
>
yaitu 9,375 > 2,045.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu media
Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK IRA
Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.