Abstract:
ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar
dengan penerapan Model Pembelajaran ( Role Playing) siswa Kelas X Ak SMK
Taman Siswa Medan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan
Model Pembelajaran (Role Playing) dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi
siswa SMK Taman Siswa Medan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Taman Siswa Medan
yang berjumlah 20 orang yang diantaranya 4 laki-laki dan 16 perempuan. Objek
penelitian ini adalah Aktivitas belajar Akuntansi siswa dengan mengupayakan Model
Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk meningkatkan hasil belajar
Akuntansi siswa pada kompetensi dasar Bukti Transaksi kelas X Ak SMK Taman
Siswa Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran bermain peran hal ini ternyata dapat meningkatkan minat belajar siswa
pada pembelajaran Akuntansi pokok bahasan bukti transaksi siswa kelas X Ak SMK
Tamansiswa Medan. Nilai rata-rata ketuntasan dan minat belajar siswa dalam
pembelajaran Akuntansi yang menggunakan model pembelajaran bermain peran pada
siklus I sampai dengan siklus III yang mengalami peningkatan hingga mencapai
indikator keberhasilan.