Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Pendidikan Agama Islam
yang masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar yang
dicapai siswa dimana hanya 45,24% yang memperoleh nilai yang sesuai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan apakah ada peningkatan hasil
belajar Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model Kooperatif Jigsaw
pada pokok pembahasan Adab Bergaul Dalam Islam dikelas VIII_I SMP
Muhammadiyah 06 Medan yang berjumlah 42 orang siswa.
Dari hasil penelitian dapat diketahui hasil belajar tes awal (sebelum
menerapkan model Kooperatif Jigsaw) dari 42 siswa hanya 19 orang siswa yang
tuntas yang mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Setelah penerapan
model pembelajaran Kooperatif Jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar yaitu
pada siklus I terdapat 22 orang siswa yang tuntas dan setelah siklus II menjadi 36
orang siswa yang tuntas, dengan perolehan tingkat ketuntasan klasikal 52,38%
pada siklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Ini berarti siswa sudah mencapai
nilai KKM yang diharapkan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi
peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada pokok pembahasan Adab
Bergaul Dalam Islam dengan menggunakan model Kooperatif Jigsaw kelas VIII_I
SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018.