Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al Islam dan pengaruhnya terhadap hasil
belajar siswa kelas X IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Sedangkan yang menjadi
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik
terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian ekperimen dan penelitian ini masuk ke dalam kategori
penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas X-IPS sebanyak 40
orang dan sampel sebesar 40 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dokumentasi. Pengelolaan
penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, uji validilitas serta rumus
reabilitas untuk melihat kontribusi yang diberikan antara variabel X dan variabel Y.
Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product
moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien product moment
dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa
=0,831 lebih besar dari pada baik itu taraf 5% (0325,) dan 1% (0,418) dengan
formulasi bandingan yaitu 0,831 0,325 dan 0,418. Maka dapat disimpulkan bahwa
adanya pengaruh positif antara penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al
Islam dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Muhammadiyah
1 Medan.