Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode student teams
achievement division terhadap minat dan hasil belajar siswa dan kurang tepatnya
penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi yang
diajarkan oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan minat
belajar dan hasil belajar siswa.salah satu alternatif itu adalah penerapan
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran student teams
achivement division. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar
dan hasil belajar siswa pada mata al-quran dan hadis pada tahun pelajarann 2017-
2018 yang diajarkan melalui metode student teams achivement division pada
kelas VIII Di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen yang termasuk penelitian eksperimen dalam katergori penelitian
kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh kelas VIII yang berjumlah 51 siswa
dan sampel yang diambil 25 siswa . penelitian dilakukan menggunakan beberapa
teknik pengumpulan data yaitu,tes, angket, obeservasi, dokumentasi dan untuk
mencari hasil dari itu semua dengan menggunakan program spss seperti mencari
validitas,reabilitas. Pengelolaan penelitian ini menggunakan rumus rₓᵧ untuk
menguji validitas untuk melihat konstribusi yang diberikan kepada variabel X dan
Y1 Y2 setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menngunakan teknik kolerasi
Product Moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien Product
Moment dengan tabel nilai “ r “ product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa
rxy = 0,804 lebih besar dari pada rtabel baik itu taraf 5% (0,444) dan 1% (0,599) dengan
formulasi bandingan yaitu 0,804≥ 0,468 dan 0,444. Maka dapat disimpulkan bahwa
adanya pengaruh positif antara penguasaan pelajaran bahasa arab terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MTs Mummadiyah 15 Medan