Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI Ak SMK Swasta Bandung 1. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk dan Everyone is a
Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK
Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bandung 1 yang beralamat di
Jalan Pengabdian No. 72 Deli serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Bandung 1 T.P 2017/2018 yang berjumlah
25 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas
kelas XI SMK Swasta Bandung 1 yang berjumlah 25 orang (total Sampling). Jenis
penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimental. Intrumen penelitan dengan
menggunakan tes tertulis berbentuk uraian dan Angket Model pembelajaran
Gallery Walk dan angket model pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Test
sebanyak 10 soal.
Dari hasil analisis penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas
data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t student pada = 0,05.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel dengan
hasil 4,348 > 1,72. artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model
Pembelajaran Gallery Walk dan Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi pada materi pembelajaran metode penyusutan aktiva tetap kelas
XI Ak SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2017-2018.