Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dengan menggunakan
Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi kelas XI SMK
Tamansiswa Medan tahun ajaran 2018/2019. Pada kompetensi dasar Mencatat
transaksi keuangan perusahaan jasa kedalam buku harian.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Total Sampling sehingga ditetapkan sampel yang
digunakan adalah kelas XI yang berjumlah 18 orang sebagai sampel penelitian.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan Tes yang berbentuk lembar
kerja siswa yang terdiri dari 20 item angket dan 10 item post test yang terlebih dahulu
diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis pada angket model pembelajaran diperoleh skor setelah
menggunakan model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) dengan
menggunakan macromedia flash nilai rata – rata 83,34 dan standar deviasi
84,87.dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung 1,772 dan bila dikonsultasikan
dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05 dengan db = N – 1 = 17 makattabel =
1,739 dengan demikian thitung>ttabel (1,772> 1,739), sehingga kesimpulannya adalah :
“Apakah ada pengaruh model pembelajaran team accelerated instruction (TAI)
dengan menggunakan macromedia flash terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI SMK Tamansiswa tahun ajaran 2018/2019.