Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
kelas X SMK BM Taman Siswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw
terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi
kedalam jurnal umum kelas X SMK BM Taman Siswa Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Taman Siswa Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 dengan populasi yang digunakan seluruh kelas X yang
terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 25. Dimana penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis kelas yang
terdiri dari satu kelas atau total sampling. Instrument penelitian yang digunakan
adalah tes, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dari analisis data Pre-Tes dan Post Tes diperoleh mean Pre-Tes 63,4 dan
standart deviasi 16,75. Sedangkan untuk data Post-Test diperoleh mean 75,8 dan
standart deviasi 13,60. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui
normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t student dengan dk = n-1
pada α = 0.05. Dan data perhitungan hipotesis diperoleh bahwa t hitung (7,75) >
ttabel (1,711), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw terhadap hasil belajar
siswa kelas X Akuntansi SMK BM Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018.