Abstract:
Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode
Mind Mapping di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Pertanyaan pertama yang ingin
dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan metode Mind Mapping dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan? Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan
melalui metode Mind Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini
adalah anak didik di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Teknik pengumpulan data yang
dipakai adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan behwa dengan menggunakan metode Mind Mapping
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi riya dan nifak. Hal ini dapat
diketahui dari hasil pra Siklus 63% pada Siklus I 71% dan pada Siklus II 95%. Adapun
kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak pada materi riya
dan nifak di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan.