Research Repository

Pengaruh Strategi Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran FIQIH di MTsMuhammadiyah 15 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Lailan Fadilah
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:03:30Z
dc.date.available 2020-11-12T04:03:30Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10786
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar mata pelajaran fiqih pada peserta didik kelas VIII MTs Muhamamdiyah 15 Medan. Penerapan model pembelajaran gallery walk bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi gallery walk terhadap hasil belajar fiqih di SMP Muhammadiyah 15 Medan. Jenis peneitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan counterbalanced Measures design. Teknik analisis data menggunakan metode statistikdeskriptif t-tes. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 15 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII yang berjumlah 290 orang dengan sampel 82 orang yang diambil dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran gallery walk dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah terhadap hasil belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi gallery walk berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar siswa dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,768 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,316 dan 0,405) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,768 ≥ 0,316 dan 0,405). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara strategi gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Muhammadiyah 15 Medan. en_US
dc.subject Gallery Walk en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Strategi Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran FIQIH di MTsMuhammadiyah 15 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account