Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar mata
pelajaran fiqih pada peserta didik kelas VIII MTs Muhamamdiyah 15 Medan.
Penerapan model pembelajaran gallery walk bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh strategi gallery walk terhadap hasil belajar fiqih di SMP
Muhammadiyah 15 Medan. Jenis peneitian yang digunakan adalah penelitian
quasy experiment dengan rancangan counterbalanced Measures design. Teknik
analisis data menggunakan metode statistikdeskriptif t-tes. Lokasi penelitian
dilakukan di SMP Muhammadiyah 15 Medan. Populasi pada penelitian ini
adalah semua peserta didik kelas VIII yang berjumlah 290 orang dengan sampel
82 orang yang diambil dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih
2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII1
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2
sebagai kelas kontrol.
Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran gallery walk dan
pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah terhadap hasil
belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi gallery walk
berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar siswa dari hasil koefisien
korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada
taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,768 lebih besar dari rtabel baik itu
taraf signifikasi 5% dan 1% (0,316 dan 0,405) dengan formulasi perbandingan
yaitu (0,768 ≥ 0,316 dan 0,405). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat
pengaruh positif” antara strategi gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fiqih di SMP Muhammadiyah 15 Medan.