Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantu Media Diktat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Kurnia, Dadang
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:03:08Z
dc.date.available 2020-11-12T04:03:08Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10785
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar Akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media diktat terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media diktat terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 pada pada materi pokok akuntansi persediaan. Penelitan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas XI akuntansi yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 149 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling (sampel bertujuan), dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah XI AK-3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk uraian tes (subjective test) yang berjumlah 20 soal yang telah terlebih dahulu di uji validitas dan realibilitasnya. kemudian dibagi atas dua bagian, yaitu tes sebelum melaksanakan perlakuan (Pre-test) berjumlah 10 soal dan tes setelah melakukan perlakuan (Post-test) berjumlah 10 soal. Dari analisis perhitungan nilai pre-test diperoleh nilai rata-rata 67,43 dengan standar devisiasi 11,95. Sedangkan nilai post-test diperoleh nilai rata-rata 79,32 dengan standar devisiasi 10,54 dan dalam uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 9,99 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = N – 1 = 36 maka ttabel = 1,684. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka diperoleh (9,99 > 1,684), sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah “ ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantu Media Diktat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017-2018 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantu Media Diktat en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantu Media Diktat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account