Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar
Akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning dengan berbantu media diktat terhadap hasil belajar
siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 dan apakah ada pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media diktat terhadap
hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 pada pada materi pokok
akuntansi persediaan.
Penelitan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl.
Sindoro No. 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas XI
akuntansi yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 149 orang siswa dengan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling (sampel
bertujuan), dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah XI AK-3.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk uraian
tes (subjective test) yang berjumlah 20 soal yang telah terlebih dahulu di uji
validitas dan realibilitasnya. kemudian dibagi atas dua bagian, yaitu tes sebelum
melaksanakan perlakuan (Pre-test) berjumlah 10 soal dan tes setelah melakukan
perlakuan (Post-test) berjumlah 10 soal.
Dari analisis perhitungan nilai pre-test diperoleh nilai rata-rata 67,43
dengan standar devisiasi 11,95. Sedangkan nilai post-test diperoleh nilai rata-rata
79,32 dengan standar devisiasi 10,54 dan dalam uji hipotesis menunjukkan bahwa
thitung = 9,99 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan
0,05 dengan dk = N – 1 = 36 maka ttabel = 1,684. Dengan membandingkan antara
thitung dengan ttabel maka diperoleh (9,99 > 1,684), sehingga hipotesis diterima.
Kesimpulannya adalah “ ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Dengan Berbantu Media Diktat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI
Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017-2018