Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah suatu layanan yang diberikan kepada beberapa jumlah individu atau sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang menuntut keaktifan anggota kelompok dalam mengeluarkan pendapatnya dan pemberian informasi untuk keperluan tertentu bagi anggota kelompoknya. Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait upaya penguasaan dibidang akademik saja, namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Tri pusat pendidikan merupakan tiga pusat yang memiliki tanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak, tiga pusat tersebut yaitu pendidikan dalam keluarga, dalam sekolah dan dalam masyarakat. Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan karakter individu. Sejak dahulu, sekolah memiliki tujuan utama dalam bidang pendidikan yaitu membentuk manusia yang cerdas juga memiliki watak dan karakter yang baik. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui layanan bimbingan kelompok dalam respect dan responsibility. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 10 orang setiap masing-masing perwakilan kelas XI IPS 1 dan IPS 2 adalah 5 orang siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang bermasalah dengan respect dan responsibility. Data yang di peroleh dilapangan dari hasil wawancara dan observasi untuk kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui terjadi masalah dengan respect dan responsibility, hal ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa dalam keseharian-hariannya.