Abstract:
Rumusan masalah penelitian apakah terdapat
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dengan penggunaan model Direct Method dan media Audio Visual
Di Kelas III SDN 102075 Bandar Khalifah. Penelitian ini dilaksanakan di
Kelas III SDN 102075 Bandar Khalifah yang berjumlah 20 orang siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik
pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan pada tes awal dari 20 orang siswa terdapat 2 orang siswa
(10,00 %) siswa yang tingkat ketuntasan belajarnya ≥ 65%, sedangkan
18 siswa lagi (90,00%) siswa yaitu masih mendapatkan nilai di bawah
ketuntasan belajar. Pada tes awal ini, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar
38,50%. Pada siklus I dari 20 orang terdapat 9 orang siswa (45,00%) siswa
yang tingkat ketuntasan belajarnya ≥ 65%, sedangkan 11 orang siswa
lagi (55,00%) siswa yaitu masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan
belajar. Pada tes siklus I ini, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar
62,50%. Pada siklus II dari 20 orang siswa terdapat 18 orang siswa yang
memperole ketuntasan belajar sebesar 90%, sedangkan 2 orang siswa 10%
tidak mendapatkan ketuntasan belajar. Hal ini berarti penelitian ini dapat
dikatakan sudah sukses karena siswa telah memperoleh hasil belajar secara
klasikal yaitu sebesar 90% dengan rata-rata perolehan nilai sebesar
76,50%.