Abstract:
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berwudhu melalui media pembelajaran audio visual pada siswa
kelas VII MTs Putri Aliifah dengan jumlah siswa 35 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus
dalam 4 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaa, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisa data maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut 1) Perencanaan pembelajaran dengan
menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII MTs Putri Aliifah
dalam siklus 1 diperoleh 42,86%, dan siklus II diperoleh 80%. 2) langkah
langkah dalam pembelajaran melalui media audio visual a) kegiatan awal, b)
Kegiatan inti, c) Penutup. Kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dalam
meningkatkan kemampuan berwudhu melalui media audio visual sesuai
dengan yang telah dilaksanakan. Pelaksanaan yang dilakukan guru sudah
dikategorikan “sangat baik” karena dilaksanakan secara sistematis , yaitu:
Pendahuluan (apersepsi, membagi kelompok), Kegiatan Inti (dilakukan dengan
cara yang disenangi anak yaitu dengan alat peraga sesuai kegiatan), Kegiatan
penutup (mengevaluasi hasil belajar, memberi reward dan memotivasi anak).