Abstract:
Pembelajaran ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran Akuntansi
menggunakan kolaborasi model pembelajaran Small Group Work dan Team Quiz
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Tamansiswa Medan.
Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 orang siswa. Sedangkan objek dalam
penelitian ini peningkatan hasil belajar akuntansi. Penelitian yang digunakan
adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan
persentase hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI di SMK Tamansiswa
Medan. Berdasarkan hasil tes, pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar tuntas
akuntansi siswa sebesar 46,87% (kriteria rendah). Pada siklus II rata-rata
persentase hasil belajar akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi 81,25%
(kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada
peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan Student Centered Learning
(SCL) melalui kolaborasi model pembelajaran Small Group Work dan Team
Quizsiswa kelas XI Akuntansi SMK Tamansiswa Medan tahun Pembelajaran
2018/2019