Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK YWKA Medan T.P
2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YWKA Medan yang beralamat
JL.LAMPU NO.2.P.BRAYAN Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh seluruh siswa kelas X SMK YWKA Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
yang berjumlah 25 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa
kelas X Akuntansi yang berjumlah 25 siswa sebagai sampel total (total sampling).
Instrument penelitian dengan menggunakan angket dan tes tertulis yang berbentuk
uraian. Angket sebanyak 8 (delapan) pertanyaan sedangkan tes sebanyak 20 (dua
puluh) soal yang dibagi kedalam dua bagian yaitu 10 (sepuluh) soal pada pre-test
dan 10 (sepuluh) soal pada post-test yang terlebih dahulu di uji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre-test diperoleh rata-rata 66,67 sedangkan data
post-test diperoleh rata-rata 81,48. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui uji
Homogenitas data. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t
dengan dk = N-1 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
diperoleh > dengan hasil 41,379 > 1,7171 diterima dan
ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ Ada Pengaruh Model
Pembelajaran Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK
YWKA Medan T.P 2017/2018”.