Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan
model Pembelajaran Resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Agama Islam di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama
islam di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
quasi eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk ke dalam kategori
penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh kelas VII sebanyak 28
orang dan Sampel yang diambil sebesar 14 orang siswa. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes
Pengolahan analisis data ini menggunakan rumus product moment, validitas,
reliabilitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh
bahwa kedua kelompok sampel memenuhi syarat-syarat pengujian hipotesis “t”.
Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan statistik t, dari hasil perhitungan pada
lampiran di peroleh t hitung 2,768 dengan menggunakan nilai t tabel , yaitu dk = n2 maka 14-2 = 12 dan α = 0,05 sehingga diperoleh t tabel = 2,179, karena t hitung >
t tabel dengan demikian H a diterima H 0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh Metode Resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Agama Islam di MTs Muhammadiyah 15 Medan.