Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelaksanaan
layanan informasi terhadap inovasi siswa kelas VII di MTs Al-Jamiyatul
Wasliyah adapun permasalahan dalam peneliti ini adalah kurang mampu belajar
secara mandiri ketika guru tidak dapat hadir. Layanan informasi yang
dilaksanakan disekolah minim, banyak siswa yang tidak dapat mendorong dirinya
untuk belajar lebih mandiri lagi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di sekolah
MTs AL-Jamiyatul Wasliyah, Jln Besar Tembung No 78 kecamatan Percut Sei
Tuan. Populasi yang digunakan dipenelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs
AL-Jamiyatul Wasliyah yang berjumlah 121 siswa. Sampel penelitian ini diambil
sebanyak 41 orang siswa. Dari hasil penelitian bahwa diperoleh penelitian nilai
koefisien kolerasi antara layanan informasi terhadap inovasi belajar siswa kelas
vii di MTs Al-Jamiyatul Wasliyah Tahun Pembelajaran 2016/2017 sebesar 0,529
dengan demikian variabel dapat diakategorikan sebagai kategori Cukup. Hasil uji
Hipotesis diperoleh harga dengan dk 41-2 = 39 diperoleh 1,340,
sedangkan 3,890 maka > . Sesuai dengan kriteria penerimaan
dan penolakan hipotesis, maka hipotesis Ha yang diajukan diterima pada taraf
signifikan 5%. Dengan demikian dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan
antara layanan informasi terhadap inovasi belajar siswa kelas VII di MTs AlJamiyatul
Wasliyah
Tahun
Pembelajaran
2016/2017