Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Apakah penerapan metode
TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah
Akhlak siswa kelas VIII Mts Muhammadiyah 15 medan. Sedangkan yang
menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VIII Di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dan penelitian ini terdiri dari II siklus.
Masing- masing siklus terdapat empat tahapan yakni perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Populasi ini diambil dari kelas VIII-I sebanyak 16
orang terdiri 6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi,
wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di peroeh pada siklus I
diperoleh nilai rata – rata kelas mencapai 75 dan tingkat keberhasilan belajar
siswa terdapat 10 orang siswa (62, 5%) dari 16 orang siswa ketercapaian test
prestasi belajar siswa sebesar 50%. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata
kelas mencapai 84, 68 dan keberhasilan belajar siswa terdapat 16 orang siswa
sebesar 100 % dari 16hu orang siswa, tingkat ketercapaian test prestasi belajar
mencapai 100% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar.