Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS Laboraturium UIN-SU Medan Tahun Ajaran
2017/2018. Desain penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian
kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara
(interview) dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan kegiatan proses
pembelajaran Qur’an Hadits kelas VII di MTS Laboraturium UIN-SU Medan
dengan menggunakan metode resitasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan
kemampuan daya ingatan siswa yang baik karena dalam mata pelajaran al-Qur’an
Hadist 90% berisikan ayat-ayat al-Qur’an. Maka dengan menerapkan metode
resitasi menjadikan aktivitas belajar siswa lebih aktif pada pembelajaran al-Qur’an
Hadits di kelas VII yang berjalan dengan baik dan lancar. Dalam penerapannya
pendidik harus melalui 3 tahapan yakni : perencanaan atau pemberian tugas,
pelaksanaan tugas dan penilaian evaluasi tugas.