Abstract:
Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam
otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Mind mapp adalah cara mencatat
yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan “memetakan” pikiran-pikiran kita.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar Pengaruh Layanan
Penguasaan Konten teknik Mind-Mapping Terhadap Keefektifitasan Belajar
Siswa Kelas XI TKR-3 SMK TI Harapan Mekar 1 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019.Untuk menjawab suatu pertanyaan maka penulis mengambil lokasi di
Kelas XI TKR-3 SMK TI Harapan Mekar 1 Medan. Jumlah populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 120 siswa, sedangkan
yang menjadi sampel sebanyak 28 siswa dengan menggunakan purpostive
sampling.instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket
yang diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, dan analisa data dalam
penelitian ini menggunakan Product Moment. Berdasarkan perhitungan diatas
diperoleh r=0,641 dan dihitung dengan menggunakan rumus uji t maka diperoleh
nilai thitung =4,262 dan nilai ttable =2,048 karena thitung > ttabel (4,262 > 2,048) pada
taraf signifikan nyata (α=0,05 < 0,000). Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan
Ho ditolak, R-square dimana nilai R square pada tabel diatas bernilai 0,411 atau
senilai 41,1% besaran nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas
terhadap variabel terikat sedangkan sisanya 59,9% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak di teliti dalam penelitian ini.Dengan demikian hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini diterima