Research Repository

Peranan Guru Bimbingan Konseling Melalui Layanan Konseling Individual Dalam Menangani Siswa Yang Mengalami Konflik Keluarga Di MTs Proyek Kandepag Medan Labuhan Tahun Pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Safira Delima
dc.date.accessioned 2020-11-12T03:03:49Z
dc.date.available 2020-11-12T03:03:49Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10749
dc.description.abstract Konflik merupakan akibat dari ketidaksesuaian, tidak sependapat dan mengakibatkan pertentangan juga percekcokan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok dan tidak menemukan titik terang. Konflik keluarga disebabkan adanya pertengkaran kedua orangtua yang tidak sependapat atau kurang keharmonisan, orangtua yang terlalu sibuk dan mengabaikan anaknya yang membuat anak menjadi salah suai (perilaku negatif). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan guru bimbingan konseling melalui layanan konseling individual dalam menangani siswa yang mengalami konflik keluarga di MTs proyek kandepag Medan Labuhan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang beralamat Jln. K.L. Yos Sudarso Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 yang berjumlah 2 siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah mereduksi data, penyajian data, membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, kenakalan siswa yang disebabkan konflik dalam keluarganya mengakibatkan siswa tidak ada sopan santunya, suka mengganggu temannya disaat belajar dan kenakalan lainnya yang membuat geleng-geleng kepala. Setelah dilakukan layanan konseling individual kepada siswa yang mengalami masalah, adanya perubahan kepada siswa walaupun belum sepenuhnya menjadi baik dengan hadir kesekolah tidak telat, menghormati guru dan berbicara dengan sopan dan santun, tidak suka lagi mengganggu temantemannya disaat belajar. Dengan hasil tersebut membuktikan bahwa layanan konseling individual sangat efektif dan bermanfaat dalam perkembangan sikap dan perubahan perilaku siswa yang tadinya negatif menjadi positif setelah dikonseling individual. en_US
dc.subject Konflik Keluarga en_US
dc.subject Layanan Konseling Individual en_US
dc.title Peranan Guru Bimbingan Konseling Melalui Layanan Konseling Individual Dalam Menangani Siswa Yang Mengalami Konflik Keluarga Di MTs Proyek Kandepag Medan Labuhan Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account