Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena masih banyak dikalangan pendidik yang tidak
memahami tentang metode pembelajaran yang dilakukannya. Sehingga hal ini
yang membuat seorang guru menjadi bingung saat memberikan pembelajaran
kepada peserta didiknya dan membuat peserta didik pun kurang memahami
pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah
Untuk mengetahui persiapan Metode Pembelajaran Fiqih Ibadah di MTs
Muhammadiyah 21 Desa Kesatuan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang
Bedagai, Untuk mengetahui pelaksanaan Metode Pembelajaran Fiqih Ibadah di
MTs Muhammadiyah 21 Desa Kesatuan Kecamatan Perbaungan Kabupaten
Serdang Bedagai, dan Untuk mengetahui hambatan Metode Pembelajaran Fiqih
Ibadah di MTs Muhammadiyah 21 Desa Kesatuan Kecamatan Perbaungan
Kabupaten Serdang Bedagai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi
(pengamatan), wawancara dan dokumentasi untuk mengecek keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan: (1), Persiapan metode pembelajaran Fiqih Ibadah
di MTs Muhammadiyah 21 Desa Kesatuan Kecamatan Perbaungan Kabupaten
Serdang Bedagai ini mempersiapkan PROTA, PROSEM, SILABUS, RPP
sebagai perencanaan pembelajaran. persiapan pelajaran sesuai dengan ketentuan
metode pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. (2),
Pelaksanaan dalam metode pembelajaran Fiqih Ibadah di MTs Muhammadiyah 21
Desa Kesatuan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai ini, guru
memakai bermacam-macam metode pembelajaran dalam 1 materi pelajaran. (3),
dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam peroses pembelajaran adalah
Fasilitas yang kurang memadai salah satunya seperti Infokus, disekolah MTs
Muhammadiyah 21 Kesatuan belum memiliki media pembantu Pembelajaran