Research Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada MATERI HAJI dan UMRAH Di Kelas XI SMK Hafsyah Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Munthe, Azan Akbar
dc.date.accessioned 2020-11-12T03:00:23Z
dc.date.available 2020-11-12T03:00:23Z
dc.date.issued 2018-03-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10744
dc.description.abstract Dalam proses belajar mengajar, motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Salah satu upaya guru untuk mengaktifkan siswa dalam belajar adalah dengan jalan menggunakan metode diskusi. Penggunaan metode diskusi dalam proses belajar mengajar selain sebagai alat untuk mencapai tujuan intruksional juga dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan lain yakni agar anak lebih aktif dalam belajar. Hal ini jelas karena dengan metode diskusi, para siswa akan dapat saling bertukar informasi dan pengalaman dalam menjelajahi kawasan baru. Disamping itu metode diskusi dapat mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan berkomunikasi, menambah efesiensi belajar, membantu teman mereka serta terlibat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Setiap penelitian tentunya mempunyai tujuan, adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui cara penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada materi haji dan umrah di kelas XI SMK Hafsyah Medan, 2.Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi haji dan umrahdi kelas XI SMK Hafsyah Medan, 3. Untuk mengetahui hasil pada siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi haji dan umrah dikelas XI SMK Hafsyah Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun proses penelitian tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah hasil dan minat siswa tergolong meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 26 orang telah lulus dengan persentase 89.65% dan yang tidak lulus 3 orang dengan persentase 10.34%. dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil dan minat belajar pada siswa kelas XI SMK Hafsyah Medan. en_US
dc.subject Student Teams Achievement Division (STAD) en_US
dc.subject Hasil dan Minat Siswa en_US
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada MATERI HAJI dan UMRAH Di Kelas XI SMK Hafsyah Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account