Abstract:
Dalam proses belajar mengajar, motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat
penting, karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar
peserta didik. Salah satu upaya guru untuk mengaktifkan siswa dalam belajar
adalah dengan jalan menggunakan metode diskusi. Penggunaan metode diskusi
dalam proses belajar mengajar selain sebagai alat untuk mencapai tujuan
intruksional juga dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan lain yakni agar
anak lebih aktif dalam belajar.
Hal ini jelas karena dengan metode diskusi, para siswa akan dapat saling bertukar
informasi dan pengalaman dalam menjelajahi kawasan baru. Disamping itu
metode diskusi dapat mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan
berkomunikasi, menambah efesiensi belajar, membantu teman mereka serta
terlibat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.
Setiap penelitian tentunya mempunyai tujuan, adapun tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui cara penggunaan Model Pembelajaran Student
Teams Achievement Division (STAD) Pada materi haji dan umrah di kelas XI SMK
Hafsyah Medan, 2.Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi haji dan umrahdi
kelas XI SMK Hafsyah Medan, 3. Untuk mengetahui hasil pada siswa setelah
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada
materi haji dan umrah dikelas XI SMK Hafsyah Medan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun proses penelitian
tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian
ini adalah hasil dan minat siswa tergolong meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 26
orang telah lulus dengan persentase 89.65% dan yang tidak lulus 3 orang dengan
persentase 10.34%. dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achievement
Division (STAD) dapat meningkatkan hasil dan minat belajar pada siswa kelas XI SMK
Hafsyah Medan.