Abstract:
Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk
mengetahui apakah pelayanan bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar
aqidah akhlak siswa kelas VII Ar-Rahman MTs. Muhammadiyah Sei. Apung Jaya
Kec. Tanjung Balai T.P 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Ar-Rahman MTs.
Muhammadiyah Sei. Apung Jaya Kec. Tanjung Balai T.P 20172018, YANG
TERDIRI DARI 46 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan dengan
Pelayanan Bimbingan Belajar dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak
siswa pada pokok bahasan asmaul husna. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui hasil belajar aqidah
akhlak siswa dengan menggunakan Pelayanan Bimbingan Belajar. Teknik dan
analisis data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan
pada saat berlangsungnnya pembelajaran aqidah akhlak.
Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk
tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal
diperoleh 17 orang siswa (36,95%) yang tuntas serta 29 orang siswa (63,04%)
yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 23 orang siswa (50%) yang
tuntas, sedangkan 23 siswa (50%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II
lebih meningkat lagi menjadi 40 orang siswa (86,95%) yang tuntas, sedangkan 6
orang siswa (13,04%) yang belum tuntas tetapi sudah mencapai ketuntasan belajar
secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari
siklus I memperoleh rata-rata 77,17 dan siklus II memperoleh skor rata-rata 88,74
Aktivitas dan keefektifan belajar aqidah akhlak siswa selalu mengalami
peningkatan mulai dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini menunjukkan
bahwa belajar aqidah akhlak menggunakan Pelayanan Bimbingan Belajar pada
siwa MTs. Muhammadiyah Sei. Apung Jaya Kec. Tanjung Balai T.P 2017/2018
efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran.