Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Penerapan Layanan
Informasi Klasikal Untuk Meningkatkan Nilai karakter Siswa Di Kelas VII SMP
Negeri 2 Kuala Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan nilai karakter pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode ini berupa Pre-Eksperimen dengan desain One-Grup Pretest-
Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 30 orang yang di ambil dari 5 kelas
yang ditentukan dengan purposive sample berdasarkan tujuan tertentu yaitu siswa
yang diduga kurangnya memiliki nilai karakter. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah angket untuk mengetahui tingkat dari nilai karakter
pada siswa. Instrumen diberikan setelah diuji coba untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, dan uji-t angket. Analisi data yang digunakan adalah deskriptif
persentase dengan menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa meningkatkan nilai karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuala
Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini tergambar dengan hasil uji hipotesis yang
dilakukan dengan hasil diperoleh nilai 20104 yang di konsultasikan
dengan taraf nyata α = 0,05 dan dengan d.b = n - 1. Maka dapat diperoleh › = (20104 › 1,684). Hal ini terlihat didalam perolehan skor rata-rata untuk
meningkatkan nilai karakter peserta didik pada saat pre-test adalah 109,575,
sedangkan pada post-tes adalah 122,05. Peningkatan hasil perubahahan nilai
karakter peserta didik pada pre-test dan post-test mencapai sebesar 11,33%.
Dengan demkian hipotesis dalam penelitian untuk meningkatkan nilai karakter
pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuala Tahun Ajaran 2018/2019, dapat
diterima.