Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui motivasi siswa sebelum menggunakan metode
peta pikiran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II SDN 105392 Kotarih Baru, 2)
untuk mengetahui motivasi siswa setelah menggunakan metode peta pikiran pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas II SDN 105392 Kotarih Baru, 3) untuk mengetahui penggunaan Peta
Pikiran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas II SDN 105392 Kotarih Baru. Penelitian ini adaah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan
kegiatan: perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
II SDN 105392 Kotarih Baru yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 perempuan dan 5 orang lakilaki. Hasil penelitian ini adalah dimulai dari pra tindakan dari 15 siswa 4 siswa atau 26,67% siswa yang
tingkat motivasi belajarnya , sedangkan 11 siswa lainnya atau 73,33% siswa motivasi belajar
rendahh dengan nilai rata-rata siswa sebesar 42,00%. Pada siklus I dari 15 siswa diperoleh 8 siswa
53,33 yang mendapat motivasi belajar tinggi di atas 65% dan 7 orang siswa 46,67 yang mendapat
motivasi belajar di bawah 65%. Dengan rata-rata skor yang diperoleh para siswa adalah sebesar
60,33%. Pada siklus II dari 15 orang siswa terdapat 14 siswa yang motivasi belajarnya tinggi dan 1
orang siswa yang motivasi belajarnya rendah. Adapun jumlah persentase ketuntasan motivasi belajar
siswa adalah 93,33% dan jumlah persentase siswa yang tidak tuntas motivasi belajarnya sebanyak
6,67%. Pada tes siklus II ini, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 76,00%.