Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan mediasi
terhadap perilaku bullying. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh layanan mediasi terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini mengukur hubungan pengaruh
layanan mediasi terhadap perilaku bullying pada siswa kelas XI SMK TI Harapan
Mekar 1 Medan. Jumlah populasi 46 orang siswa dan sampel 30 siswa kelas XI.
Instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan angket dengan reabilitas, uji
korelasi product moment, dan uji hipotesis. Dari perhitungan uji product moment
diperoleh rhitung > rtabel untuk taraf nyata 95% yaitu 0,412 > 0,3,6. Dan berdasarkan
uji “T” maka diperoleh thitung > ttabel 2,370 > 2,048 pada taraf signifikan nyata
(α=0,05). Dan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh layanan
mediasi terhadap perilaku bullying sebesar 17% maka dapat disimpulkan Ha dapat
diterima H0 ditolak. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara layanan
mediasi terhadap perilaku bullying pada siswa kelas XI SMK TI Harapan Mekar 1
Medan