Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi perilaku mencontek
siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)-2 SMK Negeri Percut Sei
Tuan menggunakan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian tindakan kelas dengan objek penelitian adalah siswa kelas X TKR-2
SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 siswa. Setiap siklusnya
mengacu pada perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses
pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan skala
perilaku mencontek. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa assertive training sebagai teknik
bimbingan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat mereduksi perilaku
mencontek siswa. Teknik assertive training sendiri terdiri dari pemahaman
mengenai perilaku mencontek, dampak dari perilaku mencontek, teknik assertive
training, mengidentifikasi perilaku mencontek yang pernah dilakukan siswa,
bimbingan kelompok, bermain peran, serta diskusi. Keberhasilan reduksi perilaku
mencontek ini dapat dilihat dari hasil skala perilaku mencontek siswa dimana
pada pasca nilai rata-rata siswa 78,25 yang termasuk dalam kategori sedang,
setelah dilaksanakannya siklus I nilai rata-rata siswa masih sedang, akan tetapi
mengalami reduksi yaitu 66,62 dengan rata-rata persentase 15,04%, dan siklus II
rata-rata sebesar 50,20 yang termasuk kedalam kategori rendah, dengan persentase
reduksi sebesar 20,69%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah
mencapai batas indikator, dimana sudah 75% siswa yang mengalami reduksi
kedalam kategori rendah, dimana skor berada dibawah 60. Dengan demikian
upaya mereduksi perilaku mencontek melalui teknik assertive training pada siswa
kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2017/2018 telah
berhasil dilaksanakan