Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh layanan informasi bimbingan belajar terhadap learning disabilities
siswa kelas VII Mts Al-Muslihin Binjai tahun pembelajaran 2018/2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi
terhadap learning disabilities siswa kelas VII Mts Al-Muslihin Binjai tahun
pembelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif yaitu mengetahui hubungan variabel bebas
(layanan informasi) dan variabel terikat (learning disabilities). Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket
tertutup. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi
30 pernyataan yang terdiri 18 item angket layanan informasi dan 12 item angket
learning disabilities. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
Mts Al-Muslihin Binjai yang berjumlah 55 siswa. Hasil penelitian korelasi
termasuk dalam kategori interpretasi cukup mengemukakan ada hubungan positif
antara layanan informasi dengan learning disabilities. r 0,3034r 0,2656
dan hal ini dapat dipahami bahwa r >r atau 0,3034> 0,2656, berarti ada
hubungan antara variabel X dan variabel Y. Sedangkan nilai uji t sebesar
2,326 dan t 2,006 hal ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara
layanan informasi dengan learning disabilities karena t >t atau 2,326>
2,006. Ternyata (t >t ) maka ª diterima dan ditolak sehingga ada
pengaruh layanan informasi terhadap learning disabilities siswa kelas VII MTs
Al-Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019