Abstract:
Komunikasi Diadik adalah proses komunikasi yang terjadi antara dua orang
atau lebih secara langsung (tatap muka) dan terjadi timbal balik secara langsung
pula baik secara verbal maupun non verbal yang berfungsi sebagai dalam
pemenuhan kebutuhan manusia, baik itu kebutuhan psikologis maupun kebutuhan
sosial manusia dalam rangka membina hubungan dan interaksi sosial. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Layanan Bimbingan Kelompok untuk
Meningkatkan Komunikasi Diadik siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa
kelas X-1 sebanyak 5 siswa yang memiliki kriteria permasalahan mengenai
Komunikasi Diadik. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah peneliti bekerja
sama dengan guru BK. Jenis penelitian ini dengan menggunakan tindakan
deskriptif kualitatif. Instrumentasi pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikankesimpulan. Dengan dilakukannyaLayanan Bimbingan Kelompok untuk
Meningkatkan Komunikasi Diadik Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018. Dapat membuat siswa memenuhi kebutuhan
sosial dan psikologis, mengembangkan kesadaran diri, matang akan konvensi
sosial dan konsistensi hubungan dengan orang lain. Dengan demikian bimbingan
kelompok dapat membantu siswa untuk meningkatkan Komunikasi Diadik