Abstract:
Penelitian ini dibatasi pada penerapan layanan bimbingan kelompok untuk
mengurangi perilaku etnosentris siswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok
pada siswa Kelas VIII SMP Budi Agung. Untuk mengetahui sejauh mana
penerapan layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku etnosentrisme siswa
Kelas VIII SMP Budi Agung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Agung
Medan yang beralamat di Jl. Platina Raya No. 7A Titipapan Medan Marelan.
Efektitivitas pendekatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan
pengendalian perilaku etnosentris pada siswa dikelas VIII di SMP Budi Agung
tahun pembelajaran 2018/2019 dapat membatu para siswa-siswi dalam
mengurangi perilaku etnosentrisnya menjadi lebih baik lagi. Pelaksanaan Layanan
bimbingan kelompok adalah cara atau model-model pendekatan yang ada dalam
bimbingan dan konseling yang sangat efektif dalam menjalakan layanan koneling
individual terutama dalam hal pengendalian perilaku etnosentris, diawali dengan
mendefinisikan masalah siswa, mengekspolorasi masalah siswa dan meninjau
permasalahan yang dihadapi siswa, serta mampu membantu siswa mencari solusi
dalam permasalahan yang ia hadapi, kemudian membuat kesimpulan hasil proses
konseling.