Research Repository

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Persepsi Siswa Tentang Berpacaran Siswa SMA Al-Hidayah Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Maisarah
dc.date.accessioned 2020-11-12T02:16:25Z
dc.date.available 2020-11-12T02:16:25Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10705
dc.description.abstract Layanan Bimbingan Kelompok melihat perubahan tingkahlaku sebagaihasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diamati secara langsung dan membantu siswa terhadap persepsi yang salah dalam melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karyan yaita, yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Bimbingan kelompok terhadap persepsi siswa tentang berpacaran. Yang ditunjukkan siswa/siswi kelas X di SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 72 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 12 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan penelitian populasi .instrument yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angkat untuk variabel (X) tentang layanan Bimbingan Kelompok dan variabel (Y) tentang persepsi siswa tentang Berpacaran. Untuk mencari besarnya hubungan antara layanan Bimbingan Kelompok dengan persepsi siswa tentang Berpacaran digunakan rumus korelasi product moment .Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil r = 0.901. Harga r hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n =12, maka r tabel = 0.532 dan r hitung = 0.901. hal ini dapat disimpulkan bahwa r hitung ≥ r tabel = ( 0.901 ≥ 0.532) yang berarti ada pengaruh layanan Bimbingan Kelompok terhadap persepsi siswa tentang berpacaran. Dan untuk mengetahui taraf signifkan maka melalui uji t. berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung = 2.383 dengan taraf signifikannyata α = 0.05 dk = n-2 = 10. Selanjutnya Ha diterima jika t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan t tabel = 2.189 dapat dilihat bahwa t hitung ≥ t tabel (2.383≥ 2.189). maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Persepsi Siswa Tentang Berpacaran en_US
dc.title Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Persepsi Siswa Tentang Berpacaran Siswa SMA Al-Hidayah Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account