Abstract:
Layanan Bimbingan Kelompok melihat perubahan tingkahlaku
sebagaihasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya yang diamati secara langsung dan membantu siswa terhadap persepsi
yang salah dalam melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun
karyan yaita, yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Bimbingan kelompok
terhadap persepsi siswa tentang berpacaran. Yang ditunjukkan siswa/siswi kelas X
di SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Administrasi Perkantoran yang
berjumlah 72 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 12 siswa dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan untuk menentukan sampel
menggunakan penelitian populasi .instrument yang digunakan dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan angkat untuk variabel (X) tentang layanan Bimbingan
Kelompok dan variabel (Y) tentang persepsi siswa tentang Berpacaran. Untuk
mencari besarnya hubungan antara layanan Bimbingan Kelompok dengan
persepsi siswa tentang Berpacaran digunakan rumus korelasi product moment
.Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil r = 0.901. Harga r hitung tersebut
selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n
=12, maka r tabel = 0.532 dan r hitung = 0.901. hal ini dapat disimpulkan bahwa r
hitung ≥ r tabel = ( 0.901 ≥ 0.532) yang berarti ada pengaruh layanan Bimbingan
Kelompok terhadap persepsi siswa tentang berpacaran. Dan untuk mengetahui
taraf signifkan maka melalui uji t. berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh
harga t hitung = 2.383 dengan taraf signifikannyata α = 0.05 dk = n-2 = 10.
Selanjutnya Ha diterima jika t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan t tabel = 2.189 dapat
dilihat bahwa t hitung ≥ t tabel (2.383≥ 2.189). maka dapat disimpulkan bahwa
Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini diterima.
Kata Kunci: