Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan perilaku jujur. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan perilaku jujur siswa dalam penerapan layanan
bimbingan kelompok . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Tanjung Balai berjumlah sebanyak 58 siswa dan objeknya
adalah 10 siswa terdiri dari 2 orang yang tidak dapat berperilaku jujur dan 8
orang yang cukup dapat berperilaku jujur. Penggunaan teknik analisis data
deskriptif kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan
layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku jujur. Adapun
teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini
dapat diketahui bahwa meningkatkan perilaku jujur siswa melalui layanan
bimbingan kelompok sudah diterapkan, seiring pembiasaan siswa dalam belajar
didalam kelas. Dengan adanya hasil layanan bimbingan kelompok tersebut,
masalah kebiasaan siswa yang tidak berperilaku jujur saat belajar sudah mulai
mampu merubah dengan baik dilingkungan sekitarnya khususnya pada kelas VII,VII-2
di
SMP
Muhammadiyah
Tanjung
Balai
Tahun
Pembelajaran
2018/2019.