Research Repository

Meningkatkan Keseriusan Belajar Dengan Mengunakan Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Tahun Pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Cania, Meli
dc.date.accessioned 2020-11-12T02:10:12Z
dc.date.available 2020-11-12T02:10:12Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10700
dc.description.abstract Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Layanan Informasi dapat meningkatkan keseriusan belajar siswa kelasVIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari. Sedangkan tujuannya adalah untuk melihat keefektifan Layanan Informasi dalam meningkatkan keseriusan belajar pada kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sariyang berjumlah 40 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh sebelum melakukan layanan adalah mencapai 26% dan masih didalam kategori “kurang” dan masih dalam analisis yang belum baik, oleh karena itu perlu dilakukan Layanan Informasi guna menyelesaikan masalah keseriusan belajar siswa. Setelah diberikan Layanan Informasi dalam meningkatkan keseriusan belajar dengan menggunakan 2 siklus diperoleh hasil analisis yang sudah mencapai 87,50% dan sudah dalam kategori “Baik”. Maka hipotesa yang menyatakan bahwa “dengan menggunakan Layanan Informasi dapat meningkatkan keseriusan belajar siswa kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diterima en_US
dc.subject Keseriusan Belajar en_US
dc.subject Layanan informasi en_US
dc.title Meningkatkan Keseriusan Belajar Dengan Mengunakan Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account