Abstract:
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan Layanan Informasi dapat meningkatkan keseriusan belajar siswa
kelasVIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari. Sedangkan tujuannya
adalah untuk melihat keefektifan Layanan Informasi dalam meningkatkan
keseriusan belajar pada kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung
Sari Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sariyang
berjumlah 40 orang.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh sebelum melakukan
layanan adalah mencapai 26% dan masih didalam kategori “kurang” dan masih
dalam analisis yang belum baik, oleh karena itu perlu dilakukan Layanan
Informasi guna menyelesaikan masalah keseriusan belajar siswa. Setelah
diberikan Layanan Informasi dalam meningkatkan keseriusan belajar dengan
menggunakan 2 siklus diperoleh hasil analisis yang sudah mencapai 87,50% dan
sudah dalam kategori “Baik”. Maka hipotesa yang menyatakan bahwa “dengan
menggunakan Layanan Informasi dapat meningkatkan keseriusan belajar siswa
kelas VIII C Reguler SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Tahun Ajaran
2017/2018 dapat diterima