Abstract:
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bahwa siswa kurang memahami
dengan benar arti dari kehidupan pernikahan itu sendiri, siswa tidak pernah mencari
informasi tentang kehidupan pernikahan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengatahui penerapan bimbingan kelompok Terhadap Pemahaman Kehidupan
Pernikahan Pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 08 Medan tahun pembelajaran
2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan Kualitatif
ini diambil karena dalam penelitian ini berusaha menyalah fenomena sosial dalam
suasana yang berlangsung secara wajar dan alamiah, bukan dalam kondisi terkendali
laboratories. Mendeskripsikan subjek penelitian sebagai informasi yang artinya orang
pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi
dan kondisi latar penelitian. Jadi subjek dalam penelitian kualitatif ini adalah mareka
pada informasi yang dijadikan sebagai narasumber untuk mengali informasi yang
dibutuhkan penelitian. Maka dalam penelitian ini ditentukan subjek penelitian yang
kiranya penelitian dapat mengali informasi dari mareka. Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh sekolah, guru wali kelas, guru bimbingan konseling SMP
Muhammadiyah 08 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Objek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 08 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019. Menggunakan instrukmen penelitian merupakan komponen yang sangat
penting dalam menjalankan sebuah penelitian dalam usaha mendapatkan data dan
untuk mengukur serta mengumpulan data empiris sebagai ini variabel yang ditiliti,
mengunakan instrukmen pengumpulan data yaitu observasi, wawacara, dan
dokumentasi. Berdasarkan dari hasil menggunakan observasi dan wawacara tentang
pemahaman kehidupan pernikahan siswa telah dicapai dengan penerapan layanan
bimbingan kelompok yaitu 50 -75% dengan dimilikian penerapan layanan bimbingan
kelompok dapat pemahaman kehidupan pernikahan pada siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 08 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.