Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan informasi untuk
meningkatkan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII-1 di MTsN 3 Medan
Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.
Metode penelitian ini berupa Pre-eksperimen dengan desain one group pre and post
test design. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yag
berjumlah 221 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 38 siswa. Instrumen
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil
komunikasi antarpribadi siswa di kelas VIII-1 MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019, sebelum diberikan perlakuan (pretest) dapat dikatakan keadaan
komunikasi antarpribadi siswa berada pada tingkat yang cenderung rendah yaitu
berada pada skor rata-rata 58,42. Setelah dieberikan perlakuan (post-test) maka
komunikasi antarpribadi siswa di kelas VIII-1 MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019 mengalami peningkatan yang cenderung tinggi yaitu berada pada skor
rata-rata 87,34. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,733 dengan menggunakan
taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n-1. Maka diperoleh nilai ttabel =
1,687. karena nilai thitung >ttabel = ( 5,733 > 1,687) dengan persentase 49,5%, maka
dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi untuk meningkatkan
komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII-1 di MTsN 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019”.