Abstract:
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk
memahami serta mengatur suasana hati agar tidak melumpuhkan kejernihan
berfikir otak rasional, tetapi mampu menampilkan beberapa kecakapan, baik
kecakapan pribadi maupun kecakapan antar pribadi. Dilihat dari segi peserta
didik, siswa yang merasa kecerdasan emosionalnya baik, dengan contoh siswa
merasa senang, akan bergairah dan semangat dalam belajar, disamping motivasi
belajarnya yang baik. Siswa yang rendah kecerdasan emosionalnya cenderung
tidak memiliki semangat belajar yang baik dan sulit mengatur atau mengontrol
emosinya dengan baik.
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meminimalisir siswa
yang mempunyai kecerdasan emosional yang rendah sehingga siswa tersebut
mampu meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan yang bejumlah 8 orang.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan
wawancara yag sesuai dengan penerapan layanan konseling kelompok dengan
teknik client-centered tehadap kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan
data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa
mampu meningkatkan kecerdasan emosionalnya dan mampu bergaul dengan baik
dengan orang-orang dilingkungannya setelah dilaksanakannya konseling
kelompok dengan teknik client-centered.