Abstract:
Di era yang penuh dengan persaingan ini, ada banyak cara yang dilakukan oleh
seorang Public Relations untuk merebut perhatian publik, beberapa diantaranya
kegiatan seminar, family ghatering, exhibition, bahkan dengan cara terkecil seperti
membuat berbagai media promosi perusahaan seperti brosur, flyer, kalender, dan
banyak lainnya. Seorang Public Relations melakukan pencitraan dan membangun
identitas tentang perusahaan nya dapat berupa kalimat-kalimat atau dapat berupa
gambar seperti ilustrasi atau foto, namun mengingat bahwa manusia lebih mudah
memaknai gambar dan warna dibandingkan dengan memaknai kata demi kata
kemungkinan besar gambar akan berperan lebih efektif. Hal tersebut lah yang
membuat peneliti tertarik untuk meneliti mengenai seberapa efektif kah foto
dalam media promosi perusahaan dapat membentuk citra dan menyampaikan
pesan perusahaan kepada konsumen perusahaan tersebut. Penelitian ini
menggunakan kajian teori komunikasi, komunikasi verbal, komunikasi Nonverbal, komunikasi massa, komunikasi media visual, fotografi, efektivitas, dan
corporate identity.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dimana data dan hasil
penelitian diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dengan konsumen
yang memakai jasa gas PT. Perusahaan Gas Negara Medan. Narasumber dari
penelitian ini sebanyak sepuluh orang. Pertanyaan yang diajukan dalam
wawancara untuk penelitian ini lebih mengarah kepada efektivitas sebuah foto
dalam menyampaikan pesan perusahaan kepada konsumen untuk membangun
citra dan identitas perusahaan. Dari hasil penelitian ini menunjukan humas telah
berhasil membentuk identitas perusahaan melalui foto-foto pada media promosi
yang dikemas berbeda setiap tahunnya. Melalui foto dan pesan-pesan perusahaan
yang disampaikan oleh humas PT. Perusahaan Gas Negara, perusahaan ini telah
mampu mempertahankan citra baiknya dan kepercayaan konsumen untuk tetap
memakai jasa PGN selama puluhan tahun lamanya.