Abstract:
Pesan iklan adalah ide atau berita yang dikomunikasikan atau yang
disampaikan kepada audience melalui media iklan.Iklan merupakan salah satu
bentuk promosi yang sangat penting, khususnya bagi perusahaan yang
memproduksi barang atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat
luas.Pelaksanaan penelitian membutuhkan kerangka teori sebagai pedoman dasar
berpikir dan berfungsi unguk mendukung variabel-variabel yang diteliti.Sebelum
melakukan penelitian yang lebih lanjut, seorang peneliti perlu menyusun kerangka
teori sebagai landasan untuk menggambarkan dari segi mana peneliti menyorot
masalah yang dipilihnya. Dalam penelitian ini, teori-teori yang di anggap relevan
diantaranya adalah, teori komunikasi massa, teori periklanan,teori laswell, teori
sosial atau masyarakat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian deskriptip dengan analisis kualitatif, yaitu
menggunakan penelitian penjelasan dengan maksud untuk menafsirkan fenomena
yang terjadi mengenai Pesan Iklan Layanan Masyarakat Badan Penyelenggaraan
Jaminan Sosial Kesehatan Versi Ade Rai Dalam Menarik Minat Masyarakat
Menjadi Peserta Kartu Indonesia Sehat dan dilakukan dengan teknik pengumpulan
data yang ada. Menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriftif, seperti
wawancara dan catatan lapangan.Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa pesan
iklan layanan masyarakat Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan
berjalan dengan baik sehinggah masyarakat tertarik untuk menjadi peserta Kartu
Indonesia Sehat.