Abstract:
Beauty vlogger adalah sosok komunikator dalam sebuah konten yang
membahas seputar dunia kecantikan baik dari mereview kekurangan dan
kelebihan sebuah produk, tutorial makeup, dan skincare kemudian di unggah
dengan media channel Youtube. Beauty vlogger dituntut harus mampu
menyampaikan informasi seputar produk dengan baik sehingga mudah dipahami
oleh khalayak penonton. Konten beauty vlogger ini secara tak langsung membawa
keuntungan baik dari segi financial maupun popularitas produk yang menciptakan
komunikasi pemasaran didalamnya. Mengingat masyakarat yang sudah hidup di
era digital dan mejadikan platform media sosial sebagai media untuk mencari
informasi salah satunya mencari informasi seputar produk kecantikan. Sehingga
moment ini sangat dimanfaatkan sebagai segment pasar oleh pihak industri
kecantikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif dan
pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai
5 (lima) orang narasumber untuk memperoleh data mengenai komunikasi
pemasaran beauty vlogger di youtube terhadap minat beli mahasiswa. Hasil dari
penelitian yang telah penulis lakukan adalah bahwa sosok beauty vlogger dengan
konten-kontennya sangat membantu bahkan menjadi sumber informasi seputar
dunia kecantikan. Salah satunya sosok beauty vlogger Abel Cantika dengan
konten “ Wardah One Brand Tutorial ” yang diakui menjadi sosok beauty
vlogger yang tak hanya memiliki kredibilitas tetapi juga sukses dalam
menyampaikan informasi dengan mudah dipahami, menarik, dari video yang ia
unggah mampu menumbuhkan minat beli penonton, mampu menumbuhkan minat
untuk mereferesikan/ merekomendasikan produk kepada orang lain, mampu
merubah prilaku dan mindset penonton terkhusus Mahasiwi dan mampu
menjadikan konten tersebut sebagai wadah informasi yang jelas, lengkap, dan
menarik.