Abstract:
Komunikasi yang kurang baik sering kali mempengaruhi kegiatan belajar
mengajar antara guru dan murid sehingga pesan-pesan pembelajaran yang
disampaikan kurang mendapat tanggapan atau respon yang positif seperti masih
ada nilai siswa yang kurang berprestasi dan murid yang kurang berminat terhadap
komunikasi verbal guru komputer dalam proses pembelajaran. Permasalahan
dalam penilitian ini adalah bagaimana efektifitas komunikasi verbal guru
komputer dalam proses pembelajaran di SMA Kesatria Medan. Tujuan penelitian
untuk mengetahui efektifitas komunikasi verbal guru komputer dalam proses
pembelajaran di SMA Kesatria Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif. Adapun
narasumber dalam penelitian ini adalah sembilan murid SMA Kesatria Medan.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi pada
subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi verbal guru
komputer mampu memberikan kontribusi yang baik dalam proses pembelajaran.
Hal ini terjadi karena komunikasi verbal guru komputer mampu dapat dimengerti
dan dipahami oleh murid sehingga murid-murid dapat memahami materi pelajaran
yang disampaikan oleh guru.