Abstract:
Indomie merupakan merek produk mie instan dari Indonesia yang diproduksi oleh
PT. Indofood CBP sukses makmur Tbk. Di Indonesia sendiri sebutan Indomie
sudah umum dijadikan istilah generic yang merujuk kepada mie instan. Untuk
mempertahankan posisi Indomie maka dilakukan strategi positioning meliputi
tujuh variabel yaitu, atribut produk, manfaat produk , penggunaan produk,
pemakai produk, pesaing produk, kategori produk, harga produk terhadap
keputusan pembeli. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui peran Strategi
Positioning Produk Iklan Indomie Versi 45 Tahun “Iringi Tekad” Terhadap
Keputusan Pembeli. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel
independen terhadap variabel dependen digunakan analisis regresi linear
sederhana. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji
validitas dan realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Positioning Produk Iklan Indomie
Versi 45 Tahun Anniversary “Iringi Tekad” berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembeli. Hal ini ditunjukan dari nilai uji t yang lebih tinggi
dari t table yaitu senilai 6,016 lebih tinggi dari 1,988, kemudian nilai
signifikannya yang lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,001 kemudian ditinjau dari nilai
determinasi r square nilainya sebesar 0,321 atau sekitar 32,1% pengaruh strategi
positioning terhadap keputusan membeli.