Abstract:
Propaganda merupakan suatu hal yang lumrah dalam dunia politik. Tanpa
kita sadari komunikasi propaganda telah banyak dipraktekkan di lingkungan
sekitar kita. Propaganda dapat disebarkan melalui berbagai media seperti, koran,
televisi, radio, bahkan film sekalipun. Sejatinya film merupakan sarana hiburan,
media informasi, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satu
film yang mempraktekkan bagaimana teknik-teknik komunikasi propaganda yaitu
film The Hunger Games: Catching Fire. Dengan mengetahui teknik-teknik
komunikasi propaganda dalam film The Hunger Games Catching Fire,
diharapkan agar masyarakat memiliki pola pikir yang lebih kritis untuk
menganalisis dan mengolah suatu informasi yang diterima.
Penilitian ini menggunakan teori yang berkaitan dengan komunikasi, film,
propaganda, dan semiotika. Penelitian ini mengkategorisasikan teknik propaganda
mulai dari teknik Name Calling, Glittering Generalities, Transfer, Testimonial,
Plain Folks, Card Stacking, dan Band Wagon.
Metode analisis yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Sebagai sebuah penelitian
kualitatif, penelitian ini hanya memaparkan makna dari scene(potongan
adegan), tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat
prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat
tanpa angka-angka atau bilangan).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa film The Hunger Games:
Catching Fire telah mempresentasikan empat teknik propaganda yang
ditampilkan pada beberapa scene(potongan adegan) diantaranya, Name Calling,
Glittering Generalities, Transfer, dan Testimonial. Dengan mengeahui teknikteknik propaganda yang diperlihatkan dalam film The Hunger Games:
Catching Fire masyarakat bisa berpikir lebih kritis, dengan demikian
masyarakat dapat menganalisis dan mengolah informasi-informasi yang
diterima sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi. Propaganda bukan hanya
merupakan komunikasi negatif, namun propaganda dapat dilakukan untuk hal
positif. Baik buruknnya sebuah propaganda bergantung pada sisi pandang dan
siapa yang melakukan komunikasi propaganda. Film The Hunger Games:
catching Fire membuktikan pentingnya komunikasi propaganda dalam dunia
politik.