Abstract:
Latar belakang penelitian ini didasari oleh iklan Asus Zenfone 4 Selfie di
televisi. Di dalam aspek desain visual atau non verbal yaitu gambar yang
dihasilkan menceritakan hubungan jarak jauh dalam iklan. Iklan Asus Zenfone 4
Selfie diperankan oleh aktor Korea Selatan Gong Yoo yang beradu akting dengan
Tatjana Saphira yang juga merupakan Brand Ambassador dari smartphone Asus.
Di dalam Iklan Asus Zenfone 4 Selfie ini, Gong Yoo dan Tatjana Saphira
berperan sebagai sepasang kekasih yang terpisahkan oleh jarak. Keduanya
berhubungan lewat ponsel dan saling mengirim foto selfie dan wefie yang dijepret
melalui zenfone 4 selfie. Hingga akhirnya, Tatjana tiba di Korea Selatan dan
bertemu. Mereka melakukan berbagai aktifitas mulai dari main Piano bersama,
berfoto bersama dengan Zenfone 4 hingga berpegangan tangan dalam iklan
tersebut..
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna ikon, makna indeks
dan makna simbol yang terkandung dalam iklan Asus Zenfone 4 Selfie ini.
Metode yang digunakan dalam analisis semiotika dengan menggunakan metode
analisis yang dikemukakan oleh Charles San Peirce. Metode semiotika pada
dasarnya bersifat kualitatif, yakni sebuah metode yang memfokuskan pada
“tanda” sebagai objek kajian.
Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa makna ikon adalah Gong Yoo
dan Tatjana sebagai Brand Ambassador Asus Zenfone 4 Selfie. Setiap tanda
mengacu beberapa aktivitas yang dilakukan Gong Yoo dan Tatjana. Makna indeks
yang terdapat dalam iklan Asus Zenfone 4 Selfie adalah selfie dan wefie yang
dilakukan Gong Yoo dan Tatjana. Dan makna simbol yang terdapat dalam iklan
Asus Zenfone 4 Selfie yaitu slogan dari Asus Zenfone 4 Selfie “we love selfie and
wefie zenfone 4 selfie, selfie pro.